1001 Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Anda Ketahui

1001 Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Anda Ketahui

1001 Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Anda Ketahui

1001 Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Anda Ketahui – Siapa yang tidak tahu dengan buah satu ini ? Buah pisang dikenal bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kanker dan asma. Saat ini, pisang ditanam di setidaknya 107 negara dan berada di peringkat keempat di antara tanaman pangan dunia dalam nilai moneter. Orang Amerika mengkonsumsi lebih banyak pisang daripada apel dan jeruk.

Pisang telah dianggap sebagai salah satu pilihan paling sehat untuk konsumsi buah selama bertahun-tahun karena kandungan nutrisinya yang mengesankan, yang meliputi vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, riboflavin, folat, asam pantotenat dan niasin. Dari segi mineral, pisang menghasilkan sejumlah besar potasium, mangan, magnesium dan tembaga. Pisang juga merupakan sumber serat makanan dan protein yang baik.

Lalu, apa saja khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh ?

Berat badan dan obesitas

Buah pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena satu pisang hanya memiliki sekitar 90 kalori. Ini mengandung banyak serat juga dan mudah dicerna. Selain itu, tidak mengandung lemak apapun.

Karena itu, orang yang kelebihan berat badan tidak harus makan terlalu banyak kalori jika makanannya mengandung beberapa pisang, karena rasanya juga sangat kenyang. Bobotnya juga tidak membuat orang merasa lapar dengan menghambat pelepasan hormon kelaparan, ghrelin. Ini akan mengurangi makan berlebih, menjaga kesehatan seseorang, dan juga membantu menurunkan berat badan secara alami.

Tulang yang lebih kuat

Pisang adalah salah satu buah terbaik untuk menjamin tulang sehat dan kuat sepanjang hidup Anda. Salah satu alasan terbaik untuk ini adalah adanya fructooligosaccharide, yang merupakan prebiotik dan akhirnya merupakan bakteri probiotik dan bermanfaat di saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh.

Secara khusus, pisang dikaitkan dengan peningkatan penyerapan kalsium . Beberapa pisang juga memiliki asam lemak rantai pendek, yang tidak dapat diserap manusia, namun organisme yang hidup di lapisan perut kita dapat mengonsumsi asam lemak tersebut, yang meningkatkan kemampuannya menyerap mineral seperti kalsium. Kalsium adalah unsur terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis dan kelemahan alami yang umumnya terkait dengan penuaan.

Arthritis dan asam urat

Berbagai senyawa di dalam pisang bersifat anti-inflamasi, yang berarti dapat mengurangi pembengkakan, pembengkakan, dan iritasi dari berbagai kondisi seperti artritis dan asam urat.

Kondisi ini sangat umum terjadi seiring bertambahnya usia, atau jika mereka memiliki pola makan yang buruk atau makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, menambahkan pisang per hari ke rejimen diet Anda dapat membuat Anda merasa sakit dan bebas rasa sakit selama bertahun-tahun.

Menambah berat badan

Pada saat bersamaan membantu orang menurunkan berat badan, pisang juga bisa bermanfaat untuk penambahan berat badan. Saat dikonsumsi dengan susu , pisang membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat.

Susu menyediakan protein dan pisang yang diperlukan untuk memberikan gula. Selanjutnya, karena pisang mudah dicerna, orang yang kurus bisa menelan 5-6 pisang dalam sehari tanpa harus takut mengalami gangguan pencernaan.

Hal ini menyebabkan 500-600 kalori tambahan yang sangat diperlukan untuk penambahan berat badan. Karena pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, olahragawan sering makan pisang saat istirahat saat bermain untuk mendapatkan energi ekstra.

Sembelit

Pisang mengandung sejumlah besar serat makanan dan oleh karena itu membantu dalam buang air besar. Pisang dikatakan mendorong keluar makanan keras kepala dan membebaskan seseorang dari sembelit.

Mereka juga membantu dalam mengobati gangguan usus lainnya. Serat mampu mengisi sebagian besar tinja dan membantu menstimulasi gerakan peristaltik tubuh, yang membantu menggerakkan gerakan usus melalui saluran usus. Ini bisa membantu mengurangi kondisi pencernaan yang tidak sehat, begitu pula kanker kolorektal.

Radang lambung

Selama bertahun-tahun, pisang telah digunakan sebagai makanan antera untuk menenangkan perut yang sakit. Ini sebenarnya jauh lebih dari itu, bagaimanapun, juga dapat menekan sekresi asam.

Senyawa organik dalam pisang merangsang aktivitas sel-sel di lapisan perut kita untuk membangun penghalang pelindung terhadap asam. Mereka juga mengandung protease inhibitor, yang menghilangkan bakteri berbahaya yang telah dikaitkan dengan perkembangan sakit maag.

Gangguan ginjal

Pisang telah dikaitkan dengan mengurangi bahaya terhadap ginjal dari sejumlah kondisi yang berbeda. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, dan itu bisa membantu meredakan ketegangan pada ginjal, dan juga mendorong buang air kecil.

Hal ini dapat membantu menjaga racun agar tidak terakumulasi dalam tubuh, dan mempercepat pembebasannya dari tubuh melalui peningkatan frekuensi dan volume buang air kecil. Selanjutnya, ada senyawa antioksidan polifenolik dalam pisang yang berdampak positif pada fungsi ginjal dan akumulasi racun, sekaligus merangsang berfungsinya ginjal.

Kesehatan mata

Pisang, seperti banyak buah lainnya, dikemas dengan senyawa antioksidan dan karotenoid, serta campuran mineral yang tepat yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda secara serius . Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma semuanya telah terbukti menurun dengan asupan pisang dan buah-buahan sejenis lainnya.

Perlindungan kardiovaskular

Pisang merupakan bagian penting dari keseluruhan kesehatan jantung karena berbagai alasan. Pertama-tama, pisang adalah sumber potasium yang kaya, jadi mereka mengurangi tekanan darah, karena pisang adalah vasodilator. Dengan merelaksasi ketegangan arteri dan pembuluh darah, darah bisa mengalir lebih lancar melalui tubuh dan mengoksidasi berbagai organ tubuh untuk meningkatkan fungsinya.

Hal ini dapat membantu menghilangkan aterosklerosis dan stroke dan serangan jantung yang sering dikaitkan dengan kondisi tersebut. Serat pada pisang juga mengurangi kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah, sebagai pesan lebih lanjut untuk mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Anemia

Pisang mengandung kandungan besi tinggi dan oleh karena itu membantu dalam mengobati anemia karena zat besi merupakan bagian penting dari sel darah merah, karena itulah anemia terjadi, jumlah sel darah rendah karena kekurangan zat besi.

Pisang juga memiliki kandungan tembaga yang signifikan, yang merupakan elemen penting dalam penciptaan sel darah merah. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah, Anda tidak hanya mencegah anemia, tapi Anda dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh bagian tubuh, sehingga mengoksidasi berbagai bagian organ dan mengoptimalkan fungsinya.

Depresi dan mood

Pisang dapat membantu dalam mengatasi depresi “karena triptofan tingkat tinggi, yang diubah tubuh menjadi serotonin, neurotransmiter otak yang meningkatkan mood,” kata Flores. Plus, vitamin B6 bisa membantu Anda tidur nyenyak, dan magnesium membantu mengendurkan otot.

Pencegahan kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara moderat mungkin bersifat protektif terhadap kanker ginjal. Sebuah studi Swedia tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen, dan pisang sangat efektif.

Wanita yang mengonsumsi empat sampai enam pisang seminggu mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal. Pisang mungkin bermanfaat dalam mencegah kanker ginjal karena senyawa antioksidan fenolik tingkat tinggi.

Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid dan insulin . Satu medium pisang mengandung sekitar 3 gram serat.

Hormon seksual

Pisang mengandung nutrisi potassium, bromelain, dan B yang semuanya memainkan peran vital dalam produksi dan regulasi hormon seksual.

Dengan sifat afrodisiak alami ini, pisang bisa meningkatkan libido, fungsi seksual, dan meningkatkan stamina tubuh. Mengkonsumsi makanan super ini beberapa jam sebelum mengambil bagian dalam kegiatan tersebut akan memberikan keuntungan maksimal.

Tidak hanya sampai disana, buah pisang mengandung serat prebiotik yang berkontribusi terhadap sistem pencernaan. Ini membantu mencegah diare akibat infeksi di usus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi terhadap kanker usus besar dan banyak lagi.

Serat prebiotik pada buah pisang juga berkontribusi terhadap peningkatan penyerapan mineral dari usus, mengurangi penyerapan kolesterol dan kadar gula seimbang. Kandungan potassium pisang yang tinggi membantu memperbaiki kondisi kesehatan setelah mengkonsumsi banyak alkohol, dan membantu mencegah rasa mabuk.

Source : https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/banana.html

Semoga bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Cara Mengetahui Indeks Berat Badan Ideal Bagi Wanita

Tips Langsing Cepat & Sehat Dengan Rutin Minum Teh Hijau

Posted by Obat Herbal Pelangsing Terlaris

1001 Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Anda Ketahui

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *