Waspadai, Bahaya Tubuh Yang Terlalu Kurus !

Waspadai, Bahaya Tubuh Yang Terlalu Kurus !!!

Waspadai, Bahaya Tubuh Yang Terlalu Kurus !!!

Bahaya tubuh kurus – Banyak artikel menyebutkan bahwa memiliki berat badan berlebih dapat menjadi faktor risiko seseorang terkena penyakit atau bahkan menyebabkan dampak berbahaya terhadap kesehatan.

Namun tahukah Anda ? Tidak hanya pada mereka yang memiliki bentuk tubuh gemuk, mereka yang memiliki bentuk tubuh terlalu kuruspun ternyata dapat berbahaya dan memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan. Benarkah ?

Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki tubuh yang terlalu kurus seperti asupan makanan, genetik, kekurangan minum air putih, merokok, kurang olahraga, alkohol, kurang istrirahat, gangguan metabolisme tubuh, penyakit tbc, stress fisik dan psikis dan lainnya.

Lalu, apa saja bahaya yang dapat timbul jika memiliki tubuh yang terlalu kurus ?

Gangguan sistem kekebalan

Memiliki bentuk tubuh terlalu kurus berarti sistem kekebalan tubuh Anda tidak dapat beroperasi dengan kuat. Anda lebih rentan terserang penyakit atau tertular infeksi.

Sistem kekebalan tubuh Anda membutuhkan aliran nutrisi dan mineral yang berkualitas untuk beroperasi dengan sangat efektif. Bila Anda kekurangan berat badan, Anda mungkin tidak mendapatkan semua atau cukup nutrisi ini, termasuk vitamin A, C, D dan E, serta mineral besi, selenium dan seng.

Masalah jantung

Anda mungkin terkejut bahwa orang-orang yang memiliki berat badan kurang ( kurus ) berpotensi memiliki risiko terkena penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian, orang yang secara alami sangat kurus biasanya disebabkan oleh genetika mereka, yang biasa disebut ‘lean gen’. Masalahnya, ‘gen lean’ ini bisa bekerja dengan menempatkan lemak sangat dalam ke dalam tubuh, seperti menempatkan lemak di hati dan jantung.

Diabetes

Selain penyakit jantung, Anda mungkin juga terkejut bahwa sebenarnya kekurangan berat badan bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes. Kebanyakan orang berpikir bahwa kemungkinan untuk mengembangkan diabetes akan lebih cenderung terjadi pada mereka yang gemuk. Namun pernyataan itu salah, karena orang kurus juga bisa terkena diabetes.

Alasannya ? Orang kurus umumnya memiliki pemikiran bahwa karena mereka tidak gemuk, mereka bisa makan makanan tanpa ada kekhawatiran terkait kesehatannya. Orang yang kurus juga akan cenderung melewatkan aktivitas olahraga karena mereka berpikir bahwa mereka tidak membutuhkannya. Akibat kondisi tersebut, berat badan mereka mungkin tidak akan meningkat, namun kadar gula darahnya pasti akan meningkat, yang akan membawa mereka ke berbagai penyakit komplikasi, termasuk diabetes.

Anemia

Tidak ada keraguan bahwa orang yang memiliki berat badan lebih sedikit akan mengalami penyakit anemia. Jadi, anemia adalah kondisi yang biasa dijelaskan kapan saja produksi sel darah merah dalam tubuh terlalu rendah. Karena orang dengan berat badan kurang biasanya makan makanan yang lebih rendah daripada orang normal, tidak ada keraguan bahwa tubuh mereka tidak akan mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang memadai yang akan sangat penting untuk menghasilkan sel darah merah, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin. B12.

Masalah kehamilan

Orang kurus juga umumnya dikaitkan dengan risiko lebih tinggi menjadi tidak subur. Khusus untuk wanita, kekurangan berat badan bisa menyebabkan mereka mengalami infertilitas. Tidak masalah apakah Anda masih muda atau Anda sudah mulai tua, kapanpun Anda memiliki masalah dengan berat badan Anda, siklus haid Anda akan menjadi tidak teratur, yang akan menjadi masalah saat mereka ingin hamil.

Apa hubungannya ? Menurut sebuah penelitian, kekurangan berat badan akan membawa Anda pada ketidakteraturan menstruasi, yang kemudian akan mempengaruhi lapisan rahim yang mendukung janin.

Masalah seksual pada pria

Selain masalah siklus menstruasi di kalangan wanita, pria juga akan merasakan efek kekurangan berat badan terkait dengan kehidupan seksual mereka. Pria dengan berat badan kurang berisiko akan mengalami disfungsi ereksi.

Pria kurus umumnya tidak memiliki cukup nutrisi dari makanan, karena mereka akan makan makanan lebih rendah dari jumlah yang tepat. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang cukup untuk memasok darah kaya oksigen ke bagian tubuh, termasuk penis.

Osteoporosis

Tidak ada keraguan bahwa orang yang memiliki tubuh kurus akan mengalami osteoporosis. Orang yang kurus menjadi rentan terhadap osteoporosis karena mereka memiliki terlalu sedikit lemak di tubuh mereka. Sebagai informasi, lemak tubuh sangat dibutuhkan untuk memproduksi estrogen, tidak hanya pada wanita, tapi juga di kalangan pria. Estrogen adalah hormon penting yang akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Kelemahan otot

Risiko kesehatan lain yang akan lebih mungkin terjadi bila berat badan Anda kurang dari normal adalah kelemahan otot. Kelemahan otot ini akan mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mengatur suhu tubuh, yang akan membawa Anda risiko kesehatan yang telah disebutkan di atas. Selain itu, kelemahan otot bisa terjadi pada orang kurus karena otot Anda memerlukan asupan protein yang tepat untuk mengembangkan dan mempertahankan diri.

Rambut rontok

Kekurangan berat badan bisa menyebabkan rambut rontok berlebihan. Kerontokan rambut yang berlebihan pada orang dengan berat badan yang kurang dari biasanya bisa terjadi karena kekurangan nutrisi yang mereka miliki. Rambut Anda membutuhkan banyak nutrisi dari makanan seperti protein, zat besi, dan banyak lagi untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan kekuatannya sendiri.

Pneumonia

Ada kemungkinan orang dengan orang yang memiliki berat badan lebih sedikit akan memiliki kemungkinan terkena penyakit pneumonia. Pneumonia adalah infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru Anda yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus.

Hubungannya ? Karena orang dengan berat badan yang kurang normal akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah, tidak mengherankan jika mereka menjadi lebih rentan terhadap berbagai jenis infeksi dan pembengkakan, termasuk infeksi dari bakteri, jamur dan virus.

Source : http://drhealthbenefits.com/diet-fitness/weight-gain/health-risks-of-being-underweight

Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda memiliki berat badan ideal ? Dapat Anda lihat pada gambar / tabel di bawah ini :

Lalu, adakah cara sehat yang dapat dilakukan untuk membantu menambah berat badan ? Untuk membantu menambah berat badan, Anda bisa meningkatkan asupan kalori, gizi sehat, makan dalam porsi kecil namun sering, ngemil dan latihan aerobik atau olahraga.

Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat Tubuh Langsing

Posted by Obat Herbal Pelangsing Terlaris

Waspadai, Bahaya Tubuh Yang Terlalu Kurus !

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *